CARA MENGATASI KOMPUTER SERING MACET

MASALAH

K

omputer bisa booting denganBaik dan normal. Tetapi pada saat di pakai , bekerja komputer sering mengalami Hang dan Macet secara tiba-tiba. Komdisi pada saat hang pun bermacam-macam mulai dari progam yang tidak dapat berjalan , mouse tidak dapat di gerakan , keeyboard tidak berfungsi sampai muncul blue screen. Hal itu tentu saja sangat mengganggu pekerjaan karna lupa belum di simpan pada saat bekerja.

SOLUSI

B

anyak hal yang bisa terjasi dan menyebabkan koputer sering macet atau hang. Tetapi secara garis besar, yang menyebabkan komputer sering macet di bagi menjadi 2 komputer yaitu : haang karena Software mengalami crash dan hang yang di sebabkan karena hardware yang mengalami crash.

HANG KARENA SOFWARE

MENGALAMI CRASH

Jika komputer hang karena terdapat software yang crash, biasanya pada masih bisa di lakukan penggerakan mouse atau penekanan beberapa tombol keyboad Jika terjadi komdisi hang seperti itu, coba lakukan penanganan sebagai berikut:

1. Tekan Kombinasi tombol Ctrl + Alt + del secara bersamaan

2. Catat progam-progam yang bertulikan not responding” tersebut , dan kemudian matikan dengan menekan tombol end task.

3. Tutup juga progam-progam lain ysang tidak perlu, caranya klik nama progam tersebut dan klik tombol End Task

4. Jika komputer masih hang, Restart System melalui tombol ( restart) pada cpu.

5. Setelah sistem windows berjalan lagi, lakukan pengecekan komputer dengan membuka satu-persatu progam yang sebelumnya bertulisan Not Responding.

HANG KARENA KONFLIK HARDWARE

K

onflik antara hardware, sering terjadi pada system operasi windows. Penyeabkan terjadinya konflikpun beberapa ragam seperti perangkat lama yang sudah tua sehingga berbentutran dengan perangkat yang baru. Konflik hardware tersebut bisa juga disebabkan karena penggunaan interuk yang tumpang tindih hingga menyebabkan salah satu perangkat lainnya menjadi tidak normal dan ahirnya komputer yang sedang aktif tiba-tiba macet . Untuk melakukan masalah tersebut, langkah yang paling aman adalah melakukan Reinstal Windows. Tetapi yang perlu di ingat adalah sebelum melakukan instal ulang windows. Lepaskanlah terlebih dahulu salah perangkat . sebaiknya lepaskan perangkat yang terbaru . Berarti anda akan memperbiarkan perangkat yang lebih lama untuk terditeksi oleh system windows terlebih dahulu.

S

etelah proses instalasi selesai, pasang kembali yang tadinya dilepas kemudian jalankan fasilitas Add New Hardware. Yang terdapat pada control panel dengan menggunakan menu star – Control Panel – Add New Hardware. Setelah perangkat terditeksi lakukan restar ulang windpws.


0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Game PC | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal